Iklan

Iklan

Gotong Royong Renovasi Pondok Pesantren Al-Islah

Jurnal News Site
Thursday, September 20, 2018, September 20, 2018 WIB Last Updated 2018-10-03T16:00:15Z

Cianjur -jurnalnewssite.com Bangga, melihat puluhan warga yang antusias mengikuti gotong royong renovasi pondok pesantren Al-Islah yang beralamat di keRWan 03 Kampung Pameungpeuk Desa Cijedil Kecamatan Cugenang Cianjur, Jum'at (21/9).

Pondok Pesantren Al-Islah sudah berdiri sejak puluhan tahun yang lalu, dikelola secara turun temurun oleh pihak keluarga. Sejak kepergian Almarhum Apa H. Badrudin, pesantren tersebut dikelola oleh anaknya yang bernama H. Cecep Ruyani.

H. Cecep Ruyani mampu pertahankan amanah orangtuanya, yakni menjaga konsistensinya dengan adat budaya, seperti tidak menggunakan speaker masjid dan tidak terinterpensi pihak luar.

Adapun bantuan bersumber dari  Polantas Polres Cianjur yang berulang tahun dan diberikan oleh pak kasat Baur SIM Dede AS, Pudin kepala Desa Cijedil dan kang Ananda Tohpati caleg DPR RI dari Partai Nasdem.

Kusnadi Ketua RW selaku Komando kegiatan gotong royong tersebut, merasa bangga dengan antusias warganya yang mau bekerja tanpa pamrih.

"alhamdulillah kami mendapat bantuan material dari para donatur untuk merenovasi pondok pesantren Al-Islah ini, dan sebagai bakti masyarakat terhadap tokoh ulama dan ponpes, saya selaku Ketua RW mengerahkan bantuan tenaganya," kata Kusnadi saat ditemui awak media di lokasi.

Lanjut dia, mudah-mudahan sinergitas warga ini bisa terjaga, selain bisa terjalinnya silaturahmi, warga juga akan memiliki rasa tanggung jawab atas pembangunan daerahnya, terlebih gotong royong merupakan salahsatu warisan tradisi masyarakat Indonesia.

Salah seorang tokoh masyarakat menambahkan, "apa yang sudah ada selama ini tetap kami jaga, karena itu sudah turun temurun, intinya masyarakat menginginkan suasana yang agamis tenteram dan bersahaja", tambahnya.

Ya, seperti halnya ketika pelaksanaan gotong royong berlangsung, para ketua RT/RW pun turun langsung kelapangan, sehingga masyarakat yang tidak ikut merasa malu dengan sendirinya. Nah disitulah masyarakat disini bisa mempertahankan tradisi, ucap salah seorang ketua RT.

Menyikapi kegiatan gotong royong tersebut Husen mandor Desa Cijedil mewakili segenap warga dan Kyai H. Cecep Ruyani pimpinan ponpes menyampaikan, dengan penuh rasa syukur atas kekompakan warga, yang masih mau bersinergi dengan para tokoh ulama dan tokoh masyarakat, ungkapnya.

Ucapan terimakasih pun ia sampaikan kepada para donatur diantaranya Kepala Desa Cijedil, Baur SIM Polres Cianjur, kang Ananda Tohpati relawan lingkungan hidup dan warga.

"semoga apa yang telah diberikan kepada kami berupa material bahan bangunan, digantinya dengan pahala yang berlimpah oleh Alloh swt, serta apa yang diinginkannya bisa tercapai. Besar harapan kami, agar para santriawan-santriawati betah di pesantren ini dan mau menjaganya serta bisa menjadikannya wasilah yang baik dikemudian hari" pungkasnya.(Shandi)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Gotong Royong Renovasi Pondok Pesantren Al-Islah

Terkini

Iklan