Iklan

Iklan

Halal Bihalal Merupakan Bagian Dari Tradisi Umat Muslim Di Indonesia.

Jurnal News Site
Sunday, April 21, 2024, April 21, 2024 WIB Last Updated 2024-04-21T12:25:15Z


Cianjur | Halal bihalal merupakan bagian dari tradisi umat Muslim di Indonesia. Halal bihalal atau halal yahallu hallan mengandung arti terurai atau terlepas.

Acara halal bihalal yang dilakukan Bupati Cianjur Herman Suherman bersama puluhan LSM dan Ormas berlangsung di Bale Pancaniti Pendopo Pemkab Cianjur, Sabtu 20/04/2024, mulai pukul 16.00 WIB sampai dengan selesai.

Adapun tujuan dari acara tersebut tak lain adalah untuk mempererat tali silaturahmi sekaligus mengurai perselisihan yang terjadi pada sesama umat Muslim.

"Jadi pada acara hari ini tidak hanya bermaaf-maafan saja, tetapi menjadikannya ajang silaturahmi antara Pemerintah Daerah bersama LSM dan Ormas," kata Bupati Cianjur Herman Suherman, saat ditemui usai acara berlangsung, Minggu sore.

Herman Suherman juga menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada semua elemen LSM dan Ormas yang sudah menyempatkan hadir pada undangannya untuk melangsungkan acara halal bihalal Idul Fitri 1445 Hijriah di Bale Pancaniti Pendopo Pemkab Cianjur.


"Terima kasih kepada semua rekan-rekan yang hadir, saya menyambut baik dengan adanya kegiatan seperti ini, dimana kita sebagai warga Cianjur kita harus bersatu. Semoga program pemerintah yang sudah di gagas seperti UMKM kini sudah mulai naik dan perlu diketahui peningkatan UMKM ini merupakan salah satu program dari Pemerintah Daerah Kabupaten Cianjur," katanya mengungkapkan.

Masih ditempat yang sama, Ketua Umum Bravo Komando Grup Bambang Adi Susilo yang akrab disapa Mas Beng-beng, mengatakan, sebagai Koordinator Umum Sekber Cianjur, dalam hal ini dirinya bermaksud menyatukan semua lapisan elemen LSM dan Ormas yang ada di Cianjur.

"Sebagaimana yang disampaikan Bupati kita H Herman Suherman orang Cianjur harus bersatu. Nah, pada kesempatan ini semua berkumpul disini. Artinya tidak semua LSM dan Ormas saja, tetapi dari berbagai lintas agama pun turut hadir," kata Mas Beng-beng.


Pada kesempatan itu, Mas Beng-beng menegaskan, bahwa halal bihalal tersebut merupakan ajang silaturahmi untuk menyatukan berbagai elemen yang ada di Cianjur.

"Mudah-mudahan kita semua bisa bersinergi. Sehingga di Kabupaten Cianjur ini bisa terjalin silaturahmi dengan baik dan tadi juga saya mendengar bahwa Bupati Cianjur akan membantu pencairan tahap 4 untuk para korban bencana gempa tahun lalu, semoga semua berjalan dengan lancar," tutupnya.

Salah satu peserta yang turut serta menghadiri acara tersebut, Pembina Laskar Merah Putih Cianjur Agus Budi Priatna, menambahkan, pihaknya memberikan apresiasi yang sangat luar biasa di mana sekber ini bisa mempersatukan LSM dan Ormas yang ada di Cianjur untuk melakukan silaturahim yang dikorelasikan atau dipersatukan dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Cianjur.


"Ya, meskipun semua LSM dan Ormas selama ini berbeda ide dan pandangan serta tujuannya, saya meyakini dengan disatukannya semua elemen yang ada memiliki tujuan yang sama yaitu memajukan daerah Kabupaten Cianjur lebih maju kedepannya," tambahnya.

, halal bihalal yang dihadiri semua unsur elemen LSM dan Ormas sekabupaten Cianjur itu, dipimpin langsung oleh Ketua Umum Bravo Komando Grup Bambang Adi Susilo yang mana beliaulah membuka acara halal bihalal tersebut.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Halal Bihalal Merupakan Bagian Dari Tradisi Umat Muslim Di Indonesia.

Terkini

Topik Populer

Iklan