Iklan

Iklan

Setelah Macet dan Banjir Apalagi yang akan Menimpa Jalan Hos. Cokro Aminoto

Jurnal News Site
Saturday, June 23, 2018, June 23, 2018 WIB Last Updated 2018-06-23T18:08:46Z

Cianjur -jurnalnewssite.com
Bukan hanya kemacetan, baru diguyur hujan deras selama kurang lebih dua jam,  beberapa titik ruas jalan Hos. Cokro Aminoto Cianjur terkena banjir, Jum'at (22/6) kemarin.

Beberapa titik ruas jalan raya yang tertutupi Banjir mencapai ketinggian air 50 CM, bahkan Ruangan RSUD Cianjur pun terkena banjir.

Tidak hanya itu saja, sejumlah kendaraan yang sedang terparkir pun nyaris terseret derasnya arus banjir, dan tidak sedikit mobil juga motor yang mogok, karena mesin terendam.

Kali kedua kota Cianjur terkena banjir, namun musibah banjir yang baru-baru ini terjadi, merupakan sebuah bencana"buatan".

"jika melihat kebelakang, sejak dulu dikota Cianjur belum pernah terjadi banjir, akan tetapi ditahun 2018 ini, setelah adanya penyempitan akses jalan raya dan pembangunan trotoar, kota Cianjur sudah dua kali mengalami bencana banjir" Keluh salah seorang tokoh warga.

Ade (45) warga yang terkena banjir memaparkan, "kota Cianjur sebelumnya tidak pernah banjir, berbeda dengan sekarang baru diguyur hujan deras sebentar saja sudah bisa banjir," paparnya.

Ya, kalau penyebabnya hujan, itu tidak bisa disalahkan. Melihat kutipan dari chat bapak Wakil Bupati Cianjur H.  Herman Suherman di salahsatu aplikasi Android mengatakan, " Gorong2 na mempet.. akibat warga buang sampah kasolokan.. ayena nju ditangani.. Htr nuhun ", katanya.

Menanggapi banjir yang menyelimuti Kota Cianjur kemarin, Kepala Badan Penanggulangan dan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Dodi Permadi menjelaskan, penyebab banjir yaitu air hujan yang memenuhi got atau gorong-gorong dan tidak tertampung sehingga menyebabkan banjir dadakan.

Namun, pihaknya selalu antisipasi, berusaha dan tetap waspada 24 jam bilamana ada hal atau kejadian bencana alam.

“Kita akan jemput bola membantu, dan langsung bergerak ke lokasi kejadian. Selain banjir, ada dua pohon tumbang langsung bergerak tim BPBD ke lapangan untuk membantu,” katanya kepada Radar Cianjur.

Masih menurut Dodi, bahkan ada salah satu pengendara motor yang tertimpa pohon tumbang di Desa Bojong, Kecamatan Karangtengah dan sudah dibawa ke RSUD Cianjur untuk mendapatkan perawatan medis.

Menurutnya, banjir yang mengepung Cianjur kemarin masih bisa diatasi dan tidak masuk banjir yang berbahaya.
“Hanya beberapa jam saja sudah mulai surut kembali, tidak ada hal diharapkan terjadi. Hanya saja kendalanya mungkin banyaknya tumpukan sampah yang mampet di got. Mengenai pembangunan asal-asalan tidak mau komentar. Ya, karena ranahnya bukan dari BPBD kita hanya membantu dan memantau benacananya saja,” jelasnya.(sn)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Setelah Macet dan Banjir Apalagi yang akan Menimpa Jalan Hos. Cokro Aminoto

Terkini

Topik Populer

Iklan