Iklan

Iklan

Desa Cijedil Prioritaskan Pembangunan Bale Sawala

Jurnal News Site
Tuesday, September 25, 2018, September 25, 2018 WIB Last Updated 2018-10-04T13:58:49Z

Cianjur - Jurnal News.
Berlokasi di Kampung Cimanglid Rt. 02/06 Desa Cijedil Kecamatan Cugenang, Cianjur. Pemerintah Desa Cijedil, saat ini sedang melakukan pembenahan Bale Sawala.

Alasan pembenahan Bale Sawala diprioritaskan, guna memfasilitasi ketua RT/RW mengadakan musyawarah tingkat keRtan. Selain itu juga untuk persiapan mengikuti lomba desa dan yang paling penting harus bisa sinkron dengan program bupati.

Ya, seperti halnya ketika ada sesuatu permasalahan yang perlu dibahas, maka  ketua RT/RW dan masyarakat, memusyarahkannya di Bale Sawala. Intinya secara tidak langsung, Bale sawala adalah kesekretariatan RT/RW guna menunjang kerja dan kinerjanya, ungkap Pudin kepala Desa Cijedil saat ditemui di Bale Sawala.

Dia mengaku senang melihat antusias warga yang paham betul dibuatkannya bale Sawala.

"tanpa diajak masyarakat dengan sendirinya mau memanfaatkan Bale Sawala, setiap kegiatan (rapat) baik RT/RW, karangtaruna tokoh masyarakat, tokoh agama dan pemuda semua di saung ini," ucap Pudin.

Guna menselaraskan masyarakat, pemerintah desa dengan program bupati, semua kegiatan di sentralkan di Bale Sawala. Seperti halnya pelayanan masyarakat oleh pihak keRTan, hingga pelayanan kesehatan oleh kader PKK (posyandu), bahkan program Desa Siaga pun bermarkas di saung Sawala masing-masing keRWan, tujuannya biar lebih mudah memantau lingkungan masyarakat dan tidak mengganggu pelayanan masyarakat di kantor desa.

"Walaupun masih dalam konteks perjalanan, saya bersyukur segenap warga dengan sendirinya bisa menyadari fungsi dan asas manfaatnya yang sangat menjanjikan bagi kepentingan masyarakat atas adanya Bale Sawala ini," kata Pudin.

Untuk kedepannya program ashar mengaji dan tausiah dari para ulama setempat, akan dilaksanakan di Bale Sawala. "Sebagai ajang silaturahmi para pemuda, tokoh masyarakat dan tokoh agama kedepannya akan diprogramkan ashar mengaji dan kajian islam seminggu sekali disini, pungkas Pudin.
(shandy)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Desa Cijedil Prioritaskan Pembangunan Bale Sawala

Terkini

Topik Populer

Iklan