Iklan

Iklan

LUAR BIASA!!! GEDUNG PKK YANG DIKELOLA KONTRAKTOR SILUMAN AMBRUK SEBELUM BERUMUR 1 TAHUN

Jurnal News Site
Friday, January 15, 2021, January 15, 2021 WIB Last Updated 2021-01-16T04:04:18Z


SERUYAN, Jurnalnewssite.net - Gedung PKK Desa Tangga Batu, Kecamatan Seruyan Tengah Kabupaten Seruyan Provinsi Kalimantan Tengah yang dikelola oleh Kontraktor Siluman telah ditemukan ambruk dibeberapa bagian bangunan, terutama dibangunan pagar tembok pembatas. Berdasarkan hasil survey dan keterangan yang diperoleh awak media dilapangan, Bangunan Pagar Tembok Pembatas yang belum berumur 1 tahun sudah ambruk dan tanah timbun yang berada dipekarangan kantor disekitar tembok ikutan longsor kebawah, keluar tapal batas.

"Proyek Bangunan PKK ini dilaksanakan secara tidak transparan dan terbuka secara umum kepada masyarakat alias proyek Siluman, karena tidak ditemukan atau dipasang Plank Proyek atau Spanduk Proyek dari awal pelaksanaan sampai selesai Proyek Bangunan dilaksanakan, baik yang mencantumkan Nama Kontraktor Pemenang Tender dan atau Nilai Kontrak Tender dari Proyek Bangunan PKK Desa Tangga Batu tersebut", papar Alexander G, seorang Pengamat Sosial dan juga salah seorang pelaku Sosial Kontrol yang ada di Kalimantan Tengah, ketika dikonfirmasi via WA, Jumat siang (15/01/2021)


Proyek Bangunan PKK ini diduga keras terindikasi Korupsi, karena selain terkesan Proyek Siluman karena tidak diketahui Nama Kontraktor Pemenang Tender Proyek, Total Nilai Bangunan juga tidak diumumkan secara terbuka ke masyarakat, dan Material yang digunakan sangat tidak sesuai dengan RAB. Hal ini jelas sangat merugikan Negara pada umumnya dan Desa Tangga Batu pada khususnya.

Perihal penggunaan material yang tidak sesuai RAB ini diakui oleh Kusnadi, seorang Tukang, bukan Kontraktor Pemenang Tender Proyek, yang biasa mengerjakan Pekerjaan Bangunan dan Proyek di sekitar Desa wilayah Kecamatan Seruyan Tengah.


Kusnadi mengakui bahwa Bangunan PKK yang ambruk tersebut memang benar beliau yang mengerjakannya tetapi hanya sebatas sebagai tukang, bukan sebagai kontraktor pemenang tender proyek.

Kusnadi juga menambahkan bahwa yang menentukan dan belanja material bangunan dilaksanakan langsung oleh Bapak Drs. Amansyah selaku Kades Tangga Batu.


"Bangunan yang ambruk benar saya yang mengerjakannya tetapi hanya sebagai tukang. Yang menentukan dan belanja material bangunan bukan saya, melainkan langsung dilaksanakan oleh Pak Kades", ujar Kusnadi.

"Selama ini seluruh bangunan dan proyek Desa Tangga Batu, sayalah yang mengerjakannya tetapi hanya sebatas sebagai tukang, sama halnya dengan bangunan dan proyek desa lainnya yang berada disekitar Desa Tangga Batu di wilayah Kecamatan Seruyan Tengah, saya juga yang mengerjakan sebagai tukang, bukan sebagai kontraktor pemenang proyek", kata Kusnadi

Ketika ditanya perihal Nilai Bangunan, Material dan Kualitas Bangunan, Kusnadi menjawab: "Saya paham. Apa saja yang harus dipasang saya tahu dan paham, walaupun tidak melihat RAB, karena saya sudah lama jadi tukang tetapi para kadesnya ngeyel, ambruk begini jadinya".

"Saya siap diperiksa dan dimintai keterangan oleh siapapun, jika diperlukan. Bangunan ambruk itu bukan salah saya, karena saya hanya pekerja. Yang salah itu material yang digunakan", jelas Kusnadi.

Sejujurnya, masyarakat dan tokoh - tokoh masyarakat tahu, tetapi mereka bertanya kepada siapa...?. Kepala Desa Kebal Hukum dan demikian juga Perangkat Desanya, karena setiap pengaduan dari masyarakat seakan tidak berarti, disebabkan oleh tidak ada tanggapan, dan belum pernah ditindak, apalagi sampai dihukum. Biar Alam saja yang menghukum mereka yang nakal, demikian komentar masyarakat dan tokoh masyarakat Desa Tangga Batu kepada kami sambil tertawa.

Harapan dan Pesan masyarakat dan tokoh masyarakat terhadap hasil survey ini, semoga para kepala desa dan perangkat desa yang seperti ini secepatnya ditindak dan dihukum, serta bangunan - bangunan yang terlanjur dibangun, tidak sesuai RAB secepatnya diperbaiki kembali sebelum memakan korban jiwa dari masyarakat desa tersebut. Besar harapan agar dikemudian hari tidak ada ditemukan kembali Bangunan dan atau Proyek Siluman lainnya.

Penulis: E. S. Ginting, S.H.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • LUAR BIASA!!! GEDUNG PKK YANG DIKELOLA KONTRAKTOR SILUMAN AMBRUK SEBELUM BERUMUR 1 TAHUN

Terkini

Topik Populer

Iklan