Iklan

Iklan

Tanggapan Ketua Umum KAA & Ketua PWRI Cianjur Mengenai Kondisi Makam Dalem Aria Cikondang

Jurnal News Site
Saturday, June 19, 2021, June 19, 2021 WIB Last Updated 2021-06-19T12:48:58Z

Poto Ketum KAA & Poto ilustrasi Raden Aria Cikondang

Cianjur,Jurnal News Site.net
Asep Tutuy Turyana Ketua Umum Komunitas Asep Asep menanggapi pemberitaan kisah
Dalem Aria Cikondang yang merupakan salah seorang putra dari Dalem Cikundul (Pendiri sekaligus Bupati Pertama Cianjur). Beliau dikenal sebagai sosok pahlawan yang luar biasa dalam mempertahankan Cianjur  dari Kolonial Belanda.

Sejarah telah mencatat bagaimana sosok Aria Cikondang ini begitu gigih  dan rela mengorbankan jiwa raganya dalam upaya mempertahankan Cianjur, menjadi daerah yang merdeka. Beliau merupakan sosok yang benar-benar menjunjung tinggi sifat sebagai kesatria dan pemimpin Sunda, sosok pemimpin yang cageur, bageur, bener tur pinter.

Sudah selayaknya kita sebagai generasi penerus dapat melanjutkan perjuangan beliau sebagai bukti menghormati segala perjuangannya, karena  tidak mungkin ada masa kini jika tidak ada masa lalu, sebagaimana yang dinyatakan dalam Amanat Galunggung :
HANA NGUNI HANA MANGKE,
TAN HANA NGUNI  TAN HANA MANGKE
AYA MA BAHEULA AYA NU AYEUNA
Ada dahulu ada sekarang, bila tidak ada dahulu  tidak ada sekarang, karena ada  masa silam maka ada masa kini, bila tidak ada masa silam tidak akan  ada masa kini.
Demikianlah Amanat dari leluhur Bangsa  Sunda. Sebuah pesan mendalam yang patut kita pertahankan sampai kapanpun. 

Ketika media Jurnal News Site.net meminta tanggapan Ketum KAA pada hari Jum at 18 Juni 2021tentang kondisi makam beliau mengatakan"Yang sangat mengkhawatirkan bagi kita semua saat ini adalah, kabar bahwa kondisi makam Dalem Aria Cikondang begitu mengkhawatirkan dan seolah tidak terawat dengan baik. Jika memang demikian adanya,tentunya hal ini membuat miris  bagi kita sebagai Bangsa Yang Besar, karena bangsa Yang Besar adalah  bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya.
Makam juga bisa dimaknai sebagai sebuah monumen untuk kita bertafakur, terutama bagi umat Muslim  adalah sebagai pengingat bahwa kita semua akan kembali ke hadirat-Nya, hanya amal baik yang membuat kita dikenang banyak orang."

"Allah swt pun berfirman :
Itulah karunia yang diberitahukan Allah untuk menggembirakan hamba-hamba-Nya yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Katakanlah, aku tidak meminta kepadamu sesuatu  imbalan pun atas  seruanku kecuali KASIH SAYANG DALAM KEKELUARGAAN. Dan barang siapa mengerjakan kebaikan akan Kami tambahkan kebaikan baginya. Sungguh Allah Maha Pengampun, Maha Mensyukuri. QS Asy Syuro : 23"

"Saya selaku pribadi dan atas nama KOMUNITAS ASEP ASEP (KAA) mengajak kepada semua pihak untuk bersama-sama menjaga dan melestarikan serta menghormati jasa-jasa pahlawan kita, khususnya kepada Masyarakat Cianjur dan Masyarakat Jawa Barat umumnya, agar Makam Dalem Aria Cikondang ini dapat kita pelihara dengan baik, tentunya dengan memperbaiki dan merawat makam Dalem Aria Cikondang ini."

"Semoga Allah swt senantiasa melimpahkan rahmat dan kasih sayangnya kepada kita semua, sebagaimana kita mengasihi dan menyayangi para leluhur kita. Aamiin Yaa Robbal "


Menanggapi kondisi keberadaan makam Raden Aria Cikondang yang tampak kumuh dan tidak terawat dan terkesan belum ada perhatian dari aparat pemerintah setempat di kabupaten Cianjur ketua DPC PWRI Cianjur Asep Ridwan merasa prihatin dan miris Karena seolah olah tidak menghargai perjuangan leluhur negeri.

Perjuangan para pahlawan di masa lampau tidak boleh dilupakan. Berkat kegigihan dan semangat mereka yang tak pernah padam Indonesia bisa terbebas dari kungkungan penjajah. 

Reporter
Alamsyah
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tanggapan Ketua Umum KAA & Ketua PWRI Cianjur Mengenai Kondisi Makam Dalem Aria Cikondang

Terkini

Topik Populer

Iklan