Iklan

Iklan

Pembangunan sarana lumbung pangan, untuk ketahanan pangan masyarakat

Jurnal News Site
Wednesday, July 20, 2022, July 20, 2022 WIB Last Updated 2022-07-20T11:09:37Z



Sukabumi, Jurnalnewssite, - Peranan strategis Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) meliputi keterpaduan antara mekanisme komersial dan sosial, yang secra sinergis dilakukan oleh pengelola LPM untuk menjamin keberlangsungan kegiatan LPM.
Konsep Penguatan LPM melalui pembangunan  fisik DAK di wilayah  sentra produksi pangan diarahkan untuk mengoptimalkan potensi produksi di daerah tersebut yang didukung dengan proses pengolahan dan pemasaran sehingga meningkatkan nilai tambah bagi petani. Dalam aktivitasnya, keberadaan LPM diarahkan untuk mengoptimalkan penyerapan gabah petani. Di sisi lain, peranan sosial LPM berfungsi sebagai cadangan pangan masyarakat untuk mengantisipasi terjadinya kerawanan pangan, gangguan produksi pada musim kemarau, dan keadaan darurat. Selasa, (19/07/22).

Pembangunan sarana lumbung pangan di kabupaten sukabumi terbagi 6 titik di wilayah sukabumi bagian selatan dan dikerjakan swakelola oleh gapoktan Tunas Jaya di desa cikangkung kecamatan ciracap, gapoktan mitra mandiri di desa cikarang kecamatan jampangkulon, gapoktan rukun warga di desa cimahpar kecamatan kalibunder,  gapoktan margaluyu di desa margaluyu kecamatan sagaranten, gapoktan tunas bangsa di desa bantarsari kecamatan pabuaran, gapoktan sinar tani di desa jampang tengah kecamatan jampang tengah.

Dety Setiawati, Kepala Bidang Sumberdaya Ekonomi  dan Pengendalian Kerawanan Pangan menuturkan, "menurut Undang- undang Nomor 7 tahun 1996, Ketahanan Pangan adalah kondisi terpenuhinya pangan bagi rumah tangga yang tercermin dari tersedianya pangan yang  cukup, baik jumlah maupun mutunya, aman, merata dan terjangkau. Fungsi dari cadangan pangan untuk mengantisipasi masalah pangan.  Secara tradisional masyarakat telah membangun sistem cadangan pangan desa dan rumah tangga, salah satunya dalam bentuk lumbung pangan. Lumbung pangan telah dikenal sebagai salah satu institusi cadangan pangan di pedesaan yang membantu mengatasi kerawanan pangan di masa paceklik dan masa bencana," tuturnya.

Tujuan pembangunan Lumbung Pangan Masyarakat Desa (LPMDes) di Kabupaten Sukabumi adalah Menyimpan hasil panen petani
Membantu kesulitan petani pada masa paceklik atau gagal panen Meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan masyarakat tentang peran sosial maupun ekonomi kelembagaan lumbung pangan, Menjadi tempat cadangan pangan di kelompok tani untuk menjamin akses dan kecukupan pangan bagi anggota terutama yang mengalami kerawanan pangan, Meningkatkan kemampuan pengurus dan anggota kelompok dalam pengelolaan cadangan pangan, Meningkatkan fungsi kelembagaan cadangan pangan masyarakat dalam penyediaan pangan secara optimal dan berkelanjutan.

Rep. Irmansyah
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pembangunan sarana lumbung pangan, untuk ketahanan pangan masyarakat

Terkini

Iklan