Iklan

Iklan

Dr. Suriyanto PD: Kita Harus Solid Perkokoh Persatuan Fokus Pada Substansi Membangun Bangsa

Jurnal News Site
Wednesday, December 21, 2022, December 21, 2022 WIB Last Updated 2022-12-21T13:29:15Z


Jakarta,-Jurnal News Site.
 Persoalan hidup berbangsa dan bernegara, kini tengah diuji. Selain maraknya berita-berita hoaks alias tidak bisa dipertanggung jawabkan, persoalan politik juga turut mewarnai. 

Dinamika politik, yang terus berkembang, dan cenderung menghangat pada pekan pekan terakhir ini, menurut Dr. Suriyanto PD, SH, M.Kn,  harus disikapi dalam perspektif yang lebih luas, sebagai sebuah upaya menurunkan tensi politik.
Suriyanto berujar, sebagai bagian dari sebuah bangsa yang besar, kita harus solid memperkokoh persatuan dan fokus pada substansi membangun bangsa dari ketertinggalan.

“ Mari kita perkokoh kembali komitmen kita dalam hidup berbangsa dan bernegara. Saya tidak ingin bangsa ini terkoyak, hanya karena cara pandang sempit dan tidak proporsional dalam mensikapi persoalan berbangsa dan bernegara ini,” kata Suriyanto PD, kepada awak media di Jakarta, Rabu, 21 Desember 2022.

Suriyanto, yang juga Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI) ini  mengungkapkan, banyak  persoalan berbangsa dan bernegara, mulai dari politik, budaya, yang harus disikapi dengan jernih, dalam perspektif yang lebih luas.

Akhir-akhir ini, ungkap dosen di sebuah perguruan tinggi di Jakarta ini, tensi politik cenderung menghangat, banyak isu-isu politik yang berguir, yang apabila tidak disikapi dengan cerdas, berpotensi mengoyak kebangsaan kita.

” Kita harus melihat akar persoalannya terlebih dahulu. Ancaman perpecahan bisa diselesaikan melalui dialog, melalui pendekatan budaya, untuk memecahkan setiap persoalan. Marilah sesama anak bangsa duduk bersama dan membahas masalah-masalah yang ada untuk mencari jalan keluar agar suatu persoalan tidak menjadi polemik di tatanan kehidupan sosial masyarakat,” ucap dia.
Ketika disinggung, tentang berbagai manuver sejumlah tokoh politik, Suriyanto mengatakan, para politisi hendaknya mengedepankan etika dan fatsoen politik.
” Banyak para politisi kita, tidak memiliki kemampuan komunikasi politik yang baik

Saya tidak perlu sebutkan siapa-siapa politisi itu, saya rasa masyarakat sudah paham. Etika politik, komunikasi politik yang baik dan benar, dan kesantunan politik, akan menghasilkan suasana yang harmonis antar pelaku politik, antar kekuatan politik, maupun kelompok-kelompok kepentingan lainnya, sehingga muaranya akan terbangun suatu komitmen bersama untuk sebesar-besarnya kemajuan bangsa dan Negara, dengan mendahulukan kepentingan bersama daripada kepentingan pribadi,” beber Suriyanto.

Menurut dia, politisi yang hanya berstatemen, tanpa mampu melihat akar persoalan berbangsa secara baik dan benar,  ibarat naik panggung tapi hanya sekedar berharap tepuk tangan. Ini yang merusak, akhirnya timbul kegaduhan dimana mana, timbul penyesatan-penyesatan, yang bisa merusak kehidupan berbangsa dan bernegara.  

” Elit politik harus memiliki kejujuran, amanah, sportif, siap melayani, berjiwa besar, memiliki keteladanan, rendah hati dan siap mundur dari jabatan publik bila terbukti melakukan kesalahan, dan secara moral kebijakannya bertentangan secara hukum dan rasa keadilan masyarakat. Etika tersebut harus diwujudkan dalam bertata krama yang baik, tidak arogan, perilaku politik yang toleran, tidak berpura pura dan jauh dari sikap munafik, tidak manipulative, tidak melakukan kebohongan publik ataupun tindakan-tindakan tidak terpuji lainnya,” pungkasnya.

Penulis: Jagad N
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dr. Suriyanto PD: Kita Harus Solid Perkokoh Persatuan Fokus Pada Substansi Membangun Bangsa

Terkini

Iklan