Iklan

Iklan

Polri Kerahkan Ribuan Personel untuk Membantu Bersihkan Puing-puing Bangunan Pasca Gempa

Jurnal News Site
Friday, December 9, 2022, December 09, 2022 WIB Last Updated 2022-12-10T03:04:23Z


Cianjur,-Jurnal News Site
Polres Cianjur Polda Jabar – Personel gabungan Polri diterjunkan untuk membersihkan material bangunan yang rusak dan ambruk akibat gempa bumi berkekuatan M 5,6 SR di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.


"Hari ini kami menindaklanjuti instruksi Presiden untuk melanjutkan tahapan penanggulangan bencana. Sebelumnya sudah tahapan evakuasi dan sekarang ke tahap pembersihan puing-puing rumah yang terdampak," ujar Kapolda Jabar Irjen Pol Drs. Suntana, M.Si. pada Jumat (9/12/2022).


Menurut Kapolda Jabar, tahapan tersebut ditargetkan selesai dalam waktu satu pekan, sehingga tahapan berikutnya untuk rekonstruksi bisa segera dilakukan.


"Kita upayakan secepatnya, ditargetkan sepekan selesai untuk pembersihan puing-puing rumah. Dengan catatan bahan bangunan yang masih bisa digunakan akan disisihkan untuk dipakai lagi oleh warga," kata Kapolda Jabar.


Kapolda Jabar juga menambahkan, untuk mempercepat proses pembersihan, Polri mengerahkan ribuan personel baik dari Mabes Polri, Polda Jawa Barat maupun Polres Cianjur. Selain itu 4 unit excavator dan 12 kendaraan truk juga diterjunkan untuk memudahkan proses pembersihan.


Menurutnya personel tersebut dibagi di 20 titik di tiga kecamatan yang terdampak paling parah, mulai dari Kecamatan Cugenang, Cianjur, dan Warungkondang. Pembersihan puing-puing juga akan dibantu dari Satpol PP dan PUPR bersama-sama dengan warga masyarakat serta relawan.


Kapolda Jabar juga berharap berharap seluruh elemen masyarakat membantu proses pembersihan puing bangunan agar Cianjur bisa segera pulih. "Saya mengajak semua pihak untuk bahu-membahu untuk membantu proses pembersihan, sehingga Cianjur cepat pulih," pungkasnya.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Polri Kerahkan Ribuan Personel untuk Membantu Bersihkan Puing-puing Bangunan Pasca Gempa

Terkini

Topik Populer

Iklan