Iklan

Iklan

Audensi Aliansi Masyarakat Cianjur Menggugat Dengan Kepala OPD Cianjur, Ricuh Ada APA?

Jurnal News Site
Wednesday, February 22, 2023, February 22, 2023 WIB Last Updated 2023-02-22T13:12:36Z


Cianjur,-Jurnal News Site
Aliansi Masyarakat Cianjur Menggugat desak DPRD untuk lakukan audensi antara aliansi Masyarakat Cianjur Menggugat dengan  para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) yang diwakili komisi B di gedung DPRD Cianjur yang berakhir kecewa, Rabu 22/02/2023.

Aliansi Masyarakat Cianjur Menggugat (AMCM) berteriak dengan ekspresi kecewa ketika kepala badan dan aset daerah (BKAD) tidak secara detail memberikan rincian dana donasi bantuan gempa, Ahmad Danil hanya secara global memberikan keterangan terkait dana donasi gempa yang sudah masuk ke pemkab Cianjur. 


Galih Widyaswara kordinator aksi menegaskan, kekecewaan massa sangat wajar, pasalnya permintaan rincian atau data detail donasi gempa bukan kali pertama, namun sudah diajukan sejak aksi dan audiensi pertama di Pendopo Cianjur, Ungkapnya.


Lanjutnya, kita harus pertanyakan kerja dan kredibilitas para kepala OPD Cianjur.
Judulnya saja sudah jelas, pertemuan transparansi terkait dana donasi, kenapa para OPD tidak  menyiapkan data itu secara rinci, ini hanya dengan selembar kertas secara global ko bisa? Padahal kita sudah minta data itu sejak aksi kesatu, jilid dua, jilid tiga sampai ke empat dan lima pun kita selalu menyampaikan transparansi anggaran dana donasi secara rinci, ini semakin kuat dugaan penyimpangan anggaran dalam penanganan gempa Cianjur, tegasnya.

Masih galih, satu contoh data detail yang dimaksud misalnya soal bantuan tenda, dan itu berapa jumlah nya dan siapa yang menerima dan  bagaimana mekanisme penyalurannya, gampang kok. Soal tenda kami pertanyakan karena ketika kami kroscek ke lapangan, banyak yang tidak ditemukan di lapangan, lanjut galih dengan ekspresi kecewa.

Komarudin selaku kepala badan pendapatan daerah (Bapenda) menyampaikan, kami pengelola sesuai dengan peraturan bupati 123 tahun 2003, dan kita hanya mengelola dana tidak ke teknis pelaksana. OPD teknis yang menangani dan yang tergabung dalam posko penanganan gempa Cianjur  mengusulkan dana kebutuhan masyarakat.


Nah terkait dengan pengadaan tenda ini diusulkan oleh tim logistik penanganan gempa. Didalamnya ada banyak instansi yang terlibat diantara nya kepala bidang Elektoral BPBD, Kemudian anggotanya kepala BKSDM, dinas perizinan, DPMPTSP, dinas perikanan, dinas kelautan, dan dinas sosial, Ungkapnya.

Lanjutnya Kita mengeluarkan dana sesuai usulan yang diusulkan dan ditandatangani oleh kepala BPBD selaku bidang, dan kita akan kordinasikan pertanggung jawaban nya seperti apa, karena bukan kita yang bertanggung jawab, kita hanya menerima laporan nya saja. Tadi kan yang di minta kawan kawan AMCM terkait dengan SPJ dan ini yang akan kita kordinasikan dengan pelaksana teknis, paparnya.


Rincian anggaran dana donasi selalu kita aplude penerimaan dan pengeluaran nya di Cianjur goid yang melalui kominpo, dan saya pastikan yang seperti bantuan dari Tanggerang Selatan yang lima ratus juta saya cek itu tidak dibantuan keuangan tapi masuk di dana donasi itu masuk tanggal 12 Desember, dan kalau terkait data best penerimaan pengeluaran itu ada di Cianjur goid dan data pengelolaan nya kita ada, tadi kita diminta keterangan saja oleh dewan penjelasan terkait dana donasi tidak terkait pertanggung jawaban nya karena pertanggung jawaban ada dimasing-masing OPD pengusul, tutupnya
Penulis Yudi Akbar
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Audensi Aliansi Masyarakat Cianjur Menggugat Dengan Kepala OPD Cianjur, Ricuh Ada APA?

Terkini

Iklan