Iklan

Iklan

Pondok berkedok Loket jadi Benalu dan oknum Pegawai Outsourcing PLN kebal hukum

Jurnal News Site
Friday, April 28, 2023, April 28, 2023 WIB Last Updated 2023-04-28T09:18:10Z



Jurnal news site. Palembang

Jum'at 29 april 2023,
Maraknya calo di pintu masuk kantor PLN jakabaring palembang membuat pelanggan yang akan ber urusan di kantor PLN menjadi bingung, pasal nya ketika Rusman(47) warga kelurahan pertahanan plaju ini hendak masuk ke kantor PLN untuk menanyakan pasang listrik, dikatakan satpam bahwa untuk pasang baru listrik harus buat SLO terlebih dahulu. Pak satpam lalu menunjuk ke salah satu orang yang bisa mengurus pasang baru listrik katanya.

_"Karena harga yang di tawarkan terlalu mahal, lalu saya di oper lagi ke seorang katanya bagian pengurus pasang baru, lagi lagi harga yang di tawarkan juga terlalu besar bagi saya, karena tidak mampu saya pulang kerumah sambil mengumpulkan uang yang masih kurang"_.

Kamis(27/04/2023) awak media jurnal news site menyambangi kantor PLN jakabaring, sembari menunggu manager PLN ULP ampera wahyu(36) belum bisa di temui karena sedang di lapangan, kami _(awak media)_ duduk di taman parkiran mobil kantor PLN jakabaring sambil mengobrol dengan beberapa pegawai pln.

Kami melihat pondok dan warung di sekitar pintu masuk dan pintu keluar kantor PLN jakabaring palembang menjadi tempat bersarang nya calo pengurusan pasang baru, tambah daya serta urusan terkait gangguan listrik. 

Dari beberapa informasi yang di dapat kan oleh awak media di lapangan, Peran penting para calo ini adalah sebagai kamuflase para petugas pelayanan penyambungan kwh meter, modusnya petugas menitipkan kwh meter yang sudah keluar dari gudang di loket pintu masuk dan keluar PLN jakabaring atau dalam istilah mereka (_cod_) 

tumbuh suburnya para calo ini di tengarai kabarnya sengaja di pelihara dan di lindungi oleh oknum yang bertugas. Bahkan pekerja outsourcing sering ber urusan dengan para calo tersebut.

dulu pernah beberapa kali spv pelayan pelanggan PLN ulp ampera ibu adhe mayda(36) melarang keberadaan calo yang menganggu pelanggan yang akan berurusan ke kantor PLN namun tidak di gubris malah sempat ribut mulut dengan beberapa calo disana. 
Bahkan manager PLN ULP Ampera era pak soegiharto juga tidak mampu menertibkan mereka, namun dia sempat memindahkan beberapa oknum satpam PLN jakabaring ikut kerja sama dengan calo di kantornya. 

Di tambahkan oleh salah seorang pegawai lepas yang tidak mau di sebutkan nama nya, dia mengatakan sudah lebih 20 tahun jadi pegawai lepas di pln jakabaring. carut marut urusan di PLN jakabaring ini juga karena ada salah seorang oknum pegawai out sourcing laki-laki ber inisial _(KI)_  yang sering mengatur setiap pegawai PLN yang baru pindah, padahal oknum itu sudah pernah di berhentikan dari perusahaan dia sebelumnya anehnya kok masih bisa kerja disini lagi, salah satu nya ada pegawai PLN jakabaring bapak rudi yang juga ikut terkena imbasnya, sekarang beliau kabar nya sudah di berhentikan/pecat) dari PLN karena ulah bujuk rayu oknum sopir itu. 

Belum lagi pelayanan buruk petugas penyambungan kwh meter ikut memperburuk nama baik PLN dengan indikasi menjual material PLN ke toko toko listrik, hal ini sepertinya ada pembiaran dari pimpinan PLN karena beberapa kali telah di sampaikan nya untuk memberikan peringatan atau pembinaan pada petugas yanbung. Paling tidak ancaman tegas berupa pemutusan kontrak dengan perusahaan pemenang tender yanbung karena tidak mampu menertibkan petugasnya yang bermasalah. 


Setelah kami konfirmasi ke pihak manager bagian komunikasi PT. PLN(Persero)UID S2JB Bapak Sendi rudianto SOPJP melalui sambungan telpon, beliau mengatakan akan segera menindak lanjuti laporan ini dan mengucapkan terimkasih pada awak media jurnal news site dalam mengawasi kinerja PLN di wilayah S2JB agar lebih baik lagi tuturnya. 

Reporter : zulkifli
Editor,;   Su kurnia
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pondok berkedok Loket jadi Benalu dan oknum Pegawai Outsourcing PLN kebal hukum

Terkini

Iklan