Iklan

Iklan

Simbiosis komensalisme PLN Palembang Pada Para Penunggak listrik*

Jurnal News Site
Friday, April 28, 2023, April 28, 2023 WIB Last Updated 2023-04-28T09:38:16Z



Palembang Sumatera Selatan
Jurnal New Site. 

27 april 2023
Tindakan tegas yang di ambil oleh petugas pln ULP ampera palembang tentang mecabut meteran listrik pahal baru dua hari menunggak bayaran menuai kritik di masyarakat, Menurut mereka pln telah membuat manuver buruk atas sikap nya tersebut dan merugikan masyarakat dengan memutus tanpa ampun pelanggan yang menunggak listrik. 

Namun berbeda dengan apa yang di sampaikan oleh rangga selaku Team Leader pelayan pelanggan PT. PLN ULP Ampera selasa(28/3/2023), harusnya di pahami oleh pelanggan bahwa batas waktu pembayaran listrik yaitu sampai dengan tanggal 20 setiap bulannya, lebih dari tanggal 20 artinya pelanggan sudah menunggak tagihan listrik dan PLN akan melakukan pemutusan sementara dan pelanggan akan dimigrasikan ke listrik prabayar agar pelanggan lebih nyaman dalam menggunakan listrik. Keunggulan lainnya menggunakan listrik prabayar yaitu pelanggan bisa lebih fleksibel dalam membeli token listrik mulai dari Rp. 5.000,-, tidak pencatatan kwh meter, tidak ada denda keterlambatan dan tidak ada biaya beban/abonement.

Di tambahkan juga oleh Manager ULP ampera Wahyu, untung nya bagi masyarakat yang pakai listrik prabayar sangat luas apa lagi bagi para usahawan seperti kontrakan rumah atau bedeng tidak lagi was was penyewa bedengnya lari tidak bayar listrik karena di tingal penghuninya. Seperti yang pernah terjadi di lorong banten kelurahan silaberanti, pemilik bedeng tidak mengetahui bahwa listrik kontrakannya diputus karena memiliki tunggakan listrik yang tidak dibayarkan oleh penyewa. Kami juga menghimbau kepada semua pelanggan PLN untuk tertib pembayaran listrik sebelum tanggal 20 setiap bulannya.

Tak lupa saya sampaikan kepada semua pelanggan PLN untuk segera download aplikasi pln mobile di play store atau app store untuk memudahkan pelanggan dalam mendapatkan layanan PLN seperti pembelian pulsa atau pembayaran listrik, pengaduan gangguan atau keluhan, permohonan pasang baru atau tambah daya, Baca meter mandiri, dan layanan kelistrikan lainnya. Hadirnya aplikasi PLN Mobile ini lah bukti cinta kami (pln) terhadap pelanggan nya, karena kami akan terus lebih dekat kepada pelanggan dan PLN akan terus meningkatkan pelayanan kepada semua pelanggan.


Disisi lain pengamat listrik Iqbal kurniawan SH sebagai pengurus Ikatan pekerja Listrik Mekanikal dan Elektrikal Sumatera Selatan (IKAPALKA-SumSel) mengapresiasi kinerja PLN saat ini, namun tak luput dari itu semua, agar tetap meng evaluasi kinerja petugasnya di lapangan, karena apa yang di laksanakan di lapangan kadang tidak sesuai dengan aturan serta SOP yang di terapkan, bersikap harmonis jangan arogan menghadapi masyarakat, bahkan kalau bisa bersikap lah humoris hingga membuat cair suasana tegang dan nyaman pada pelanggan meski mereka menunggak. Mari sampaikan sosialisasi dengan baik, tutur sapa dan tata kerama yang baik agar di Terima baik pula oleh masyarakat.


Saya rasa saudara/i saya di seluruh lingkungan PT. PLN UID S2JB sangat mengetahui betul apa yang harusnya di lakukan sebelum melaksanakan setiap kegiatan nya. karena mereka selalu ikut atensi dan aturan atas bekal ilmu dan pengetahuan oleh para pemimpin-pemimpin kebijakan nya pungkasnya. 

Demikian. 

Reportase. ; sri rahayu suseno, plg//
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Simbiosis komensalisme PLN Palembang Pada Para Penunggak listrik*

Terkini

Topik Populer

Iklan