Iklan

Iklan

Cianjur Di Persimpangan Jalan.

Jurnal News Site
Saturday, July 1, 2023, July 01, 2023 WIB Last Updated 2023-07-01T14:31:03Z


Catatan.Yunus Sadar

Cianjur,Jurnal News Site
Melihat dinamika yang berkembang saat ini menjelang dilaksanakannya pileg dan pilpres serta pilkada serentak, suhu politik diberbagai daerah tak terkecuali di kabupaten cianjur mulai terasa sedikit naik temperaturnya karena mungkin partai-partai politik sudah mulai memanaskan mesin pergerakannya dan dominasi atas penguasaan kelompok masyarakat serta lembagapun mulai terasa dengan munculnya polarisasi yang terjadi ditengah-tengah masyarakat saat ini, dan itu sangatlah terlihat jelas karena memang gerakannya dilakukan secara terstruktur dan masif.


Apakah betul hal itu dilakukan untuk kebaikan masyarakat dan lembaga sebagai institusi pelayanan terhadap masyarakat atau hanya kamuplase saja menjelang kompetisi pemilihan umum?...

Mendengar isu yang berkembang saat ini perihal beredarnya rencana pergantian pengurus yayasan universitas suryakancana (UNSUR) ini menjadi perbincangan sexy dikalangan pelaku dan pemerhati dunia pendidikan atas telah beredarnya informasi yang berkembang dimasyarakat terkait dominasi orang-orang yang terlibat dalam salah satu partai politik yang berkuasa di kabupaten cianjur menjadi pengurus inti yayasan tersebut.

Yayasan universitas suryakancana adalah yayasan milik warga masyarakat kabupaten cianjur yang diwakili oleh pemerintah daerah, selayaknya menjadi salah satu lembaga pendidikan yang independen dan harus dikelola oleh orang-orang yang memiliki latar belakang akademis yang handal dan teruji dalam bidang keilmuannya serta memiliki bukti-bukti faktual tentang hasil karyanya dalam dunia pendidikan. kenapa harus demikian..... karena universitas suryakancana menjelang perubahan status dari universitas swasta menjadi universitas negeri itulah seharusnya yang menjadi alasan yayasan universitas suryakancana harus dikelola oleh orang-orang yang profesional dibidangnya.

Dalam hal ini saya secara pribadi tidak memiliki tendensi apapun terhadap isu yang berkembang saat ini di dunia maya khususnya facebook karena hal itu dianggap wajar sebagai isu sosial di media maya, tetapi kalaupun toh benar isu tersebut semoga tulisan ini menjadi pertimbangan bagi para pihak yang berkepentingan bahwa idealnya lembaga pendidikan itu adalah lembaga yang independen karena lembaga pendidikan adalah wadah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mencerdaskan generasi penerus bangsa yang memiliki daya fikir kritis, kreatif dan berwawasan luas dengan dasar pondasi bhineka tunggal ika, bukannya penyeragaman yang menghilangkan kebinekaan seperti yang dihawatirkan oleh berbagai kalangan pegiat pendidikan dan masyarakat secara luas.

Hindari syahwat politik para pemangku kebijakan untuk mendominasi lembaga pendidikan yang ada di kabupaten cianjur, terlebih yayasan universitas suryakancana untuk dijadikan sebagai kendaraan kepentingan partai politik tertentu.
Teringat akan syair lagu dari "iwan fals" dan apakah cianjurku sudah separah ini:.

Jangan bicara soal idialisme.
Mari bicara berapa banyak uang dikantong kita.
Atau berapa dahsyatnya ancaman yang membuat kita terpaksa onani.

Jangan bicara soal nasionalisme.
Mari bicara tentang kita yang lupa warna bendera sendiri.
Atau tentang kita yang buta.
Bisul tumbuh subur diujung hidung yang memang tak mancung.

Jangan perdebatkan soal keadilan.
Sebab keadilan bukan untuk diperdebatkan.
Jangan cerita soal kemakmuran sebab kemakmuran hanya untuk anjing si tuan poland.

Lihat disana si urip meratap diteras marmer direktur murtad.
Lihat disana si icih sedih diranjang empuk waktu majikannya menindih.
Lihat disana parade penganggur yang tampak murung ditepi kubur.
Lihat disana antrean pencuri yang timbul sebab nasinya dicuri.

Jangan bicara soal runtuhnya moral.
Mari bicara tentang harga diri yang tak ada arti.
Atau tentang tanggung jawab yang kini dianggap sepi.

'Yunus Sadar'
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Cianjur Di Persimpangan Jalan.

Terkini

Topik Populer

Iklan