Iklan

Iklan

BUPATI BANYUASIN BERSAMA KORAMIL 430-04/TALANG KELAPA EVAKUASI KORBAN BANJIR

Jurnal News Site
Wednesday, April 13, 2022, April 13, 2022 WIB Last Updated 2022-04-13T11:29:19Z


Jurnal News Site,-Banyu Asin
Bupati Banyuasin, H. Askolani SH MH dengan didampingi Kapten Inf Panca Agung P.W. Danramil 430-04/Talang Kelapa turun langsung periksa kondisi dan mengevakuasi warga yang sudah dua hari berada di daerah perumahan yang terendam banjir di wilayah Kecamatan Talang Kelapa. Bersama Bupati langsung turun selamatkan anak-anak kecil yang masih terjebak di rumah yang terendam banjir menggunakan perahu karet BNPB, Rabu (13/4/2022)

Dari laporan didapat, ada 3 perumahan di Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Bayuasin Provinsi Sumatera Selatan dua hari masih terendam banjir, perumahan Orchid, Mekar Sari, dan perumahan Citra Tanah Mas. Terendamnya 3 lokasi itu disebabkan luapan air yang tidak bisa ditampung lagi oleh aliran sungai dari draenae dari perumahan, juga terdapat penimbunan sungai yang dulu lebarnya mencapai 4 meter, kini menjadi 2 meter, diakibatkan pembangunan sutet.

Kemudian Bupati, H. Askolani, yang juga didampingi PLT Kepala Dinas Kominfo Banyuasin, Noffaredy, dan Kepala BNPB Kesbangpol Banyuasin, Alfian Soleh beserta jajaran terkait langsung terjun memeriksa kondisi warga yang terkena bencana bannjir, terlebih dari info yang didapat adanya buaya yang terlihat oleh warga saat kondisi bajir dilingkungan perumahan Orchid.

Bahkan Bupati sendiri langsung turun memeriksa rumah warga melakukan evakuasi terhadap anak-anak yang masih terjebak di rumah bersama keuarganya.”Saya minta perahu karet dan kita periksa, sekaligus evakuasi anak anak yang masih ada dirumah,” katanya setiba di lokasi.

Dari laporan dilapangan, total hampir 100 rumah dari tiga lokasi yang saat ini masih terendam banjir, yang terparah di wilayah Jalan Rohidin, Kelurahan Tanah Mas yang kedalamannya mencapai batas dada orang dewasa.

Saat melakukan evakuasi, Danramil dan Bupati menemukan 3 orang anak kecil masih terjebak bersama keluarganya di dalam rumah, bahkan ada mengalami kedinginan karena terendam air.

“Anak kecilnya bawa kesini pak, itu sudah kedinginan, selamatkan dulu dan nanti perahu datang kesini menjemput orang tuanya,” kata Bupati sembri menggendong anak kecil keatas perahu.

Bupati meminta, sekarang ini diharap masyarakat harus tetap sabar, supaya berkumpul di satu titik, nanti pihak Pemkab Banyuasin akan merkoordinasi untuk membuka tenda darurat untuk pengungsian bersama BNPB, Kesbangpol Banyuasin akan mengirim batuan sembako untuk masyarakat yang terkena musibah banjir.

Bupati Banyuasin, H. Askolani juga memberikan bantuan uang tunai pribadi kepada masyarakat dan sembako yang dibawa sementara untuk menjadi konsumsi masyarakat pada hari ini.

Selain itu, Bupati memerintahkan pihak kecamatan dan kelurahan, memonitor kondisi rumah serta warga yang masih di posisi banjir, jika masih butuhkan bantuan urgent, Bupati memerintahkan untuk langsung menghubungi, sehingga bisa memerintahkan tim untuk langsung terjun menambah personil.

“Saya minta pihak kecamatan dan kelurahan lakukan monitoring diwilayah ini, jangan sampai ada warga yang masih terkendala dan terjebak di rumah, jika memang urget langsung telpon saya, dan saya akan langsung tambahkan personil untuk evakuasi tambahan,”janji Bupati.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • BUPATI BANYUASIN BERSAMA KORAMIL 430-04/TALANG KELAPA EVAKUASI KORBAN BANJIR

Terkini

Iklan