Iklan utama

Iklan utama

Iklan

Iklan

Monitoring Pasca Terjadi Banjir di Kecamatan Tegalbuleud Kabupaten Sukabumi

Jurnal News Site
Thursday, September 8, 2022, September 08, 2022 WIB Last Updated 2022-09-08T11:22:35Z



Sukabumi,-Jurnal News Site
Pada hari Kamis tanggal 08 September 2022 sekitar pukul 09.00 WIB telah dilaksanakan giat pasca terjadi banjir di beberapa lokasi Kecamatan Tegalbuleud Kabupaten Sukabumi yang diakibatkan curah hujan cukup tinggi dan lama sejak hari Rabu tanggal 07 September 2022 pukul 17.00 WIB sehingga beberapa Sungai kondisi air meluap ke Jalan Raya akibat pendangkalan sungai disertai kondisi air laut pasang.


Setelah hasil dari obeservasi pengecekan di lapangan ada beberapa titik banjir ,di antaranya di
Kp. Sumberjaya Rt 003 Rw 001 Desa Sumberjaya Kec. Tegalbuleud menyebabkan lk 30 rumah terendam dengan ketinggian air lk 1,5 m diakibatkan luapan sungai Cicurug yang mengalamai pendangkalan sungai dengan kondisi air laut pasang sehingga terjadi luapan.

Selanjutnya dijembatan Cibatu (depan Polsek Tegalbuleud) akibat air sungai meluap dengan ketinggian lk 80 cm diatas permukaan jalan raya Provinsi yg menghubungkan Desa Sumberjaya dan Desa Buniasih kondisi tida bisa dilalui Kendaraan R4 dan R2 serta Di kampung Citapen desa Buniasih kecamatan Tegalbuleud dengan ketinggian air lk 1,5 m diakibatkan luapan sungai denuh yang mengalami pendangkalan sungai dengan kondisi air laut pasang sehingga terjadi luapan Area pesawahan lk 100 Ha.

 Kedusunan Sumberjaya Desa Sumberjaya akibat luapan sungai Cicurug dengan ketinggian air rata2 20 cm, dan banjir di sepanjang ruas jalan Sumberjaya - Buniasih - Tegalbuleud akibat luapan air parit dan luapan sungai dengan ketinggian rata2 lk 20 cm. 

Adapun Dampak kerugian, dari banjir tersebut mengakibatkan korban Luka ringan, Luka berat dan Korban jiwa Nihil dan Material kerusakan barangbarang elektronik, pasilitas dalam rumah, lahan pertanian dan hewan ternak.

Sedangkanan tindakan - tindakan yang telah di lakukan oleh unsur Muspika Kecamatan Tegalbuleud dengan melakukan pengamanan dan memberikan himbauan terhadap masyarakat terdampak dan pengguna jalan untuk berhati hati dan tetap waspada serta melakukan koordinasi untuk antisipasi kejadian banjir yang lebih besar sehubungan cuaca memasuki musim penghujan dan membatu evakusi warga yg terdampak lebih parah untuk mengungsi di SDN Sumberjaya.

 Kondisi saat ini, hari Kamis tanggal 08 September 2022 pukul 01.00 WIB kondisi air di Pemukiman Warga mulai surut dan kondisi air di Jalan Raya akibat luapan air sungai berangsur surut dengan kondisi hujan semakin menurun.

Daerah tersebut merupakan daerah yang terdampak akibat luapan air sungai dengan curah hujan cukup tinggi,menurut keterangan warga sekitar bahwa kejadian banjir saat ini merupakan terparah sejak 25 tahun yang lalu.

Sementara dilokasi titik banjir akibat luapan air sungai yang mengalami pendangkalan disertai kondisi air laut pasang sehingga air sungai kembali meluap ke jalan raya.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Monitoring Pasca Terjadi Banjir di Kecamatan Tegalbuleud Kabupaten Sukabumi

Terkini

Topik Populer

Iklan