Iklan

Iklan

POLITIK SI KABAYAN VS POLITIK ABUNAWAS

Jurnal News Site
Friday, September 22, 2023, September 22, 2023 WIB Last Updated 2023-09-23T04:57:21Z


                       By . Adang.S
Jurnal News Site
Arti politik secara harpiah adalah siasat, strategi bagaimana cara memenangkan sebuah pertarungan atau berbagai kegiatan menuju kemenangan.

Politik tidak bisa lepas dari kehidupan sehari hari karena pada dasarnya kita untuk dapat memenuhi kehidupan tentunya harus berpolitik.

Si KABAYAN berpendapat bahwa POLITIK itu NGOMPOL TINA LIANG LEUTIK, artinya bahwa politik ini merupakan saluran aspirasi melalui partai tertentu baik itu orang elit maupun orang kecil, jika aspirasinya tidak tersalurkan atau tersendat dgn  sebuah kebijakan, maka akan sakit  seseorang atau sekelompok tertentu sehingga bisa menimbulkan huru hara yang tidak diharapkan.

Adapun pendapat si ABUNAWAS bahwa POLITIK itu ;

PERMAINAN CATUR , dimana kalau kita bermain Catur membela sang penguasa Raja atau Presiden oleh para menterinya atau pembantunya sehingga yang dikorbankan pion atau rakyatnya lebih dulu dan tidak menutupi kemungkinan pembantunya sendiri baik kuda, luper, benteng maupun patihnya.

ORANG ORANG ELIT, biasanya yang berpolitik itu adalah orang orang elit yang mempunyai kepentingan pribadinya ataupun kelompoknya ( pengusaha atau investor ).

LINTAS EKSEKUTIF, LEGISLATIF, YUDIKATIF DAN TANDA KUTIP  dalam permainan politik tidak lepas dari tiga lembaga ini dan pihak pihak tertentu sehingga meramaikan nuansa berbangsa dan bernegara.

IDEOLOGI YANG SEPAHAM, tentunya dalam politik ini mencari dan menyatukan kesepahaman.

TUK MENCAPAI TUJUAN, sesuai yang diharapkan.

INTRES SESEORANG MAUPUN KELOMPOK, tak lepas dari kepentingan baik jangka pendek, menengah maupun  panjang.

KEKUASAAN DAN KEBIJAKAN, maka dengan telah terpilihnya penguasa maka akan terbentuk sebuah kebijakan, baik itu positif sehingga membuat sebuah keadilan dan kesejahteraan untuk rakyatnya ataupun sebuah kebijakan yang negatif sehingga perlakuan yang tidak adil terhadap rakyatnya. By Adang S.

ASMY
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • POLITIK SI KABAYAN VS POLITIK ABUNAWAS

Terkini

Topik Populer

Iklan