Iklan

Iklan

Biebie Bagja Berhasil Sita Perhatian Penonton dalam Fashion Show Pakaian Sunda di Art Center Garut

Jurnal News Site
Monday, December 4, 2023, December 04, 2023 WIB Last Updated 2023-12-04T13:26:30Z



GARUT,-Jurnal News Site - Dewan Kebudayaan Kabupaten Garut (DKKG) mengadakan fashion show pakaian sunda (raksukan sunda) di Gedung Art Center, Minggu 3 Desember 2023.

Fashion Show sendiri merupakan bagian dari rangkaian Festival Kabuyutan yang digelar oleh DKKG.

Para peserta yang diundang dalam fashion show ini mulai dari kalangan pelajar, anak kecil, remaja, dan juga kalangan orang dewasa.

Dari sekian banyak penampilan peserta, ada satu peserta yang berhasil menyita perhatian penonton dan juri.

Penampilan peserta yang satu ini mendapatkan tepuk tangan paling meriah dari penonton dan juri yang hadir.

Peserta bernama Biebie Bagja, nomor 13 kategori orang dewasa itu tampil dengan memukau di panggung.

Gerakan dan busana yang digunakan tampak sepadan dan apik, dengan gaya yang lucu.

Biebie Bagja sendiri menggunakan pakaian kebaya warna dominan kuning muda kehijauan dan bawahan kain motif warna hijau, Biebie Bagja berlenggak-lenggok ke kiri dan ke kanan panggung.

Ia pun sempat membentangkan pakaian kebayanya yang tampak seperti ada sayap kupu-kupu. Hal itulah yang membuat penonton heboh, sehingga bersorak memberikan apresiasi.
 
Kendati tidak mendapatkan penghargaan juara tiga besar, Biebie Bagja berhasil mendapatkan penghargaan dengan kategori peserta paling terfavorit.

Ia pun sangat gembira dengan penghargaan tersebut dan tidak menyangka bisa mendapatkan apresiasi tersebut.

Kepada wartawan, Biebie Bagja mengapresiasi fashion show yang dilaksanakan oleh DKKG sebagai bagian dari Festival Kabuyutan Garut itu.

Ia berharap, pakaian sunda baik berupa kebaya atau burkat sunda ini bisa dilestarikan. Yaitu dengan menggalakkan pemakaian pakaian sunda di kalangan masyarakat umum.

Sejauh ini kata dia, pakaian sunda ini sudah diwajibkan di kalangan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Garut dalam hari tertentu. Menurutnya, akan lebih baik jika pakaian sunda ini juga bisa digunakan oleh kalangan masyarakat umum maupun perusahaan swasta di Garut.

Dengan begitu kata Biebie Bagja, generasi akan datang akan terus mengenal seperti apa itu pakaian sunda dan juga kebaya.

Generasi muda sekarang ini pun menurutnya tidak perlu malu menggunakan pakaian sunda karena tampilannya pun tak kalah menarik dengan pakaian kekinian. Terlebih lagi kebaya juga sudah menjadi warisan budaya dunia dari Indonesia yang tercatat di Unesco. Oleh karenanya, masyarakat Indonesia harus bangga menggunakan kebaya maupun pakaian sunda lainnya.

Ketua DKKG, Irwan Hendarsyah menjelaskan, fashion show ini melibatkan peserta dari kalangan pelajar, anak kecil, remaja dan dewasa.

Dalam fashion show ini, para peserta diwajibkan menggunakan raksukan sunda (pakaian sunda) baik untuk peserta wanita maupun pria. Diantaranya menggunakan kebaya sunda maupun burkat sunda untuk peserta wanita.

Tujuan dari fashion show raksukan sunda ini menurut Irwan, adalah untuk flashback ke masa lalu betapa Sunda itu kaya dengan aneka ragam atau khasanah budaya, termasuk raksukan sunda.

Terlebih lagi kata Irwan, kebaya itu sudah tercatat di Unesco sebagai warisan budaya dari Indonesia. Dan oleh karena itu warga Indonesia harus bangga menggunakan kebaya.

Selain itu kata Irwan, Festival Kabuyutan ini juga sebagai bentuk implementasi dan komitmen Dewan Kebudayaan Kabupaten Garut terhadap Undang-undang Pemajuan Kebudayaan Nomor 5 tahun 2017.

” Kami berkewajiban memelihara nilai budi pekerti melalui budaya, karena budaya merupakan salah satu cipta karsa manusia yang wajib kita ikuit, kita pahami dan kita mesti mengikuti tatanan dan tuntunan agar hidup lebih tahu, hidup mengerti dan hidup paham akan sesuatu hal. Hal kebijakan dan kebajikan,” ujarnya.

” Dewan Kebudayaan Kabupaten Garut dalam hal ini bekerja sama dengan BPIP serta Makara Art Center didukung penuh Dewan Kebudayaan Kabupaten Garut mengadakan Festival Kabuyutan ini,” sambungnya.


Acara ini digelar tiga hari. Diantaranya hari pertama diisi dengan anjangsana budaya ke Situs Ciburuy, kemudian hari kedua dengan beberapa kegiatan seperti festival tematik pencak silat, saresehan budaya, pameran, museum, seni lukis, bazar, dan edukasi kebudayaan. Kemudian hari ketiga diisi dengan fashion show raksukan sunda.

Selain itu Festival Kabuyutan ini juga dalam rangka milangkala (HUT) kelima DKKG sekaligus juga sebagai bentuk persembahan satu dasawarsa kepemimpinan bupati wakil bupati Garut, Rudy-Helmi.(*)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Biebie Bagja Berhasil Sita Perhatian Penonton dalam Fashion Show Pakaian Sunda di Art Center Garut

Terkini

Topik Populer

Iklan