Iklan

Iklan

Kekerasan Terhadap Wartawan Terus Berlangsung Korbannya Paldy cs

Jurnal News Site
Saturday, September 1, 2018, September 01, 2018 WIB Last Updated 2018-09-01T07:40:32Z

BOGOR, – Jurnal news.

Kasus kekerasan terhadap insan media memang kerap terulang. Seperti halnya kejadian yang menimpa Paldy. Paldy adalah wartawan NewsMetro.co yang kebetulan juga salah satu anggota DPC IPJI ( Ikatan Penulis dan Jurnalis Indonesia ) Kota Depok .

Paldy jadi korban pengeroyokan, yang di duga dilakukan oleh oknum calo samsat Kabupaten Bogor. Ketika di hubungi oleh media salah satu pengurus DPC kota Depok Wemphy membenarkan adanya insiden tersebut, dan memaparkan kronologi kejadianya, berawal dari saat lima orang wartawan NewsMetro.co ingin melakukan liputan terkait dugaan PUNGLI (pungutan liar) di Samsat Kabupaten BoGor yang justru mendapat perlakuan tidak selayaknya, yang berujung dengan pengeroyokan.

Dari dari hasil Rontgen Faldy , mengalami tulang hidung bagian atas patah,hidung bangian bawah retak, tulang samping kiri hidung geser dan berakibat sesak nafas berkepanjangan, pukul 16.00 wib,tgl 31 /8/18. Lima orang yang liputan di TKP tersebut adalah an Faldy, Dwi, Julijar,Gustini dan Ismayanti.

Pasca kejadian insiden tersebut, pihak korban telah melapor ke Polres Kabupten Bogor(RESKRIM Unit 4) pukul 18.00 s/d 23.00 wib, (31/8) .Kemudian kerugian materi berupa Camera DLSR dan satu buah HP pecah dilayar,serta beberapa dokomen vidio hasil peliputan dihapus.

Media menghubungi Dra Ai Mulyani M.Pd selaku ketua DPW IPJI Jabar.lewat whatsapp beliau memberi tanggapan prihal insiden tersebut :

Wartawan yang bersangkutan ada di organisasi profesi IPJI untuk Depok, hendaknya jajaran pengurus dpc ipji depok sigap mengantisipasi dan duduk digaris terdepan sebagai pengayom korban, manakala tidak dapat mengatasi masalah, melapor ke DPW, dan kami pasti turun ke TKP. Apa ada seorang ibu yang akan melakukan pembiaran saat anaknya teraniaya.

Untuk pelaku, sangat disesalkan karna ini terjadi pada aparat, apa perlu dengan tindakan kekerasan ? Siapapun yang terkait dijajaran Aparatur Sivil Negara (ASN) adalah abdi, harus tahu kapasitas dari wartawan sebagai organisasi profesi tidak ada batasan pekerjaan dilapangan, apa tidak ada cara lain selain dengan kekerasan ? Karna sikap prontal ini dilakukan oleh aparat yg seharusnya memberikan contoh yg baik.

Maka saya berharap semua institusi dari jajaran terkait hendaknya termotivasi untuk meluruskan dan mengambil tindakan bijak dan sehat, Sementara pihak korban yg telah dirugikan secara fisik maupun materi, saya minta oknum aparat tersebut mempertanggung jawabkan sampai bagian – bagian yang telah dicederainya kembali normal, pulih, dan sehat, agar dapat kembali beraktivitas seperti sediakala.
Untuk Keluarga Besar IPJI JABAR Mari kira rapatkan barisan satukan rasa kita, dimana satu tersakiti dan dianiaya, maka oknum aparat itu sudah melukai semua jurnalis IPJI JABAR.tandasnya. Sementara pihak korban berencana akan melaporkan kasus ini ke Polda. (asep ridwan)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kekerasan Terhadap Wartawan Terus Berlangsung Korbannya Paldy cs

Terkini

Iklan