Iklan

Iklan

Sampah Menggunung Di Depan Muka SDN 1 Cisande.

Jurnal News Site
Tuesday, September 4, 2018, September 04, 2018 WIB Last Updated 2018-09-04T13:48:07Z

Sukabumi,Jurnal News
Tumpukan sampah yang menggunung didepan Sekolah Dasar (SD) Cisande 1 menjadi pemandangan yang sudah tidak aneh lagi bagi guru, siswa maupun wali murid, menurut dari beberapa  keterangan bahwa penumpukan sampah ini sudah berlangsung puluhan tahun dan tidak ada tindak lanjut ataupun pembenahan atau penataan dari para pihak terkait.

Tumpukan sampah ini berada tepat didepan muka sekolah serta berdekatan dengan Kantor Desa Cisande, tercium bau menyengat dan banyak lalat yang hinggap dari tumpukan  sampah yang berasal dari limbah rumah para warga (03/09/18).

Saat dikonfirmasi pihak Sekolah Dasar Negeri Cisande 1 seorang Guru membeberkan kepada media saat di wawancara "tumpukan sampah ini sangat buruk, tidak elok dipandang apalagi ini didepan sekolah, dari segi kesehatan pun sangat mengganggu apalagi polusi udara yang menyengat sangat mengganggu proses mengajar, karna dari sampah ini sumber penyakit" kata Ibu Enok Cahyati Guru SDN 1 Cisande.

Lanjut katanya "apalagi tumpukan sampah ini berada tepat di depan sekolah yang berada di depan jalan protokol atau jalan nasional, pihak sekolah juga sudah mempertanyakan kepada pengelola sampah dan jawabannya ini hanya sementara dan akan dipindahkan, tapi sampai saat ini belum juga ada penangan terkait sampah yang menumpuk, kami mohon pembuangan sampah ini segera diadakan tempat pembuangannya yang layak bukan didepan sekolah" Pungkasnya.

Saat dikonfirmasi pihak desa, serta kebetulan jarak kantor desa Cisande berdampingan dengan SDN Cisande 1 " itu kan sementara saja sebelum datangnya mobil sampah, dari pagi sampai jam 09:00 sudah diangkat dan tidak setiap hari hanya hari senin dan kamis saja, saya rasa tidak ada pencemaran sebab tidak lama dan juga sampah itu memakai pelastik atau sudah dikarungi semua dan pas datang mobil sampah tinggal di angkut. saya mengakui kurang bagus tapi ini hanya sementara ini saja.

Walaupun ada bank sampah tapi jarak pembuangan lebih dekat kesini jadi membuang sampahnya kesini kedepan. Yang membuang sampah disini bukan hanya masyarakat saya tapi banyak masyarakat dari luar juga.

Untuk menanggulangi sebetulnya sudah ada solusi dengan adanya bank sampah tapi lokasinya terlalu jauh jadi masyarakat membuangnya kesini yang lebih dekat. kita sudah dikasih sama DLH bank sampah dan rodanya juga dan timbangannya juga pokonya komplit" kata Dasep Suryadi Kepala Desa Cisande.

Tanggapan dari pihak kecamatan cicantayan  Agus Rahardja Kasi Pemberdayaan Masyarakat berkata kepada awak media jurnalnewssite.com saat ditanya tentang pembuangan sampah di depan SDN Cisande 1 " Saya tidak tahu, belum ada pemberitahuan dari pihak desa.

Nanti saya koordinasikan dengan pihak desa dan mencari akar permasalahannya baru nanti kita koordinasikan dengan pihak dinas terkait di kabupaten sukabumi". Katanya.
Lingkungan sekolah alangkah indahnya apabila terbebas dari pencemaran sampah karna bau polusi udara selain bisa mengganggu proses belajar mengajar juga bisa berdampak bagi kesehatan para Guru dan Siswanya.

Diharapkan segera ada penangan yang secepatnya dari pemerintah daerah dan dinas terkait untuk segera menanggulangi permasalahan sampah yang mengunung di depan SDN Cisande 1 ini.

Rep. Arman Panji

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Sampah Menggunung Di Depan Muka SDN 1 Cisande.

Terkini

Topik Populer

Iklan