Iklan

Iklan

Bertujuan Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Pemdesa Cibadak Bangun Bumdes

Jurnal News Site
Friday, July 12, 2019, July 12, 2019 WIB Last Updated 2019-07-12T09:49:42Z

Cianjur,- jurnalnewssite.net.
Guna mendukung perkembangan perekonomian masyarakat. Pemerintah Desa Cibadak membangun badan usaha milik desa (BUMDES), yang berlokasi di Kampung Pangangonan RT 03/05 Desa Cibadak Kecamatan Cibeber-Cianjur.

Kantor BUMDES yang berukuran 5 x 8 meter tersebut, dibangun diatas tanah milik desa dengan nominal biaya Rp. 130.000.000,- yang bersumber dari dana Desa anggaran tahun 2019.

Saat ditemui awak media, Jum'at (10/7). Kepala Desa Cibadak Elan H, mengatakan, masyarakat tampak antusias dengan rencana pembangunan BUMDES tersebut.

"Betul, masyarakat tampak antusias dengan akan diadakannya usaha yang akan diselenggarakan oleh desa dalam bentuk BUMDES ini. Karena yang akan diselenggarakan nanti, sifatnya pemberian modal usaha kepada para pengusaha kecil atau pengrajin alat-alat kesenian seperti pembuatan gamelan dan ukiran, supaya bisa lebih dikembangkan lagi," ujarnya.

Lanjut Kades Cibadak, ide awal bumdes ini berdasarkan hasil musyawarah antara tokoh masyarakat dengan pemerintah Desa. Sehingga untuk mengembangkan dan memajukan perekonomian masyarakat ini memiliki wadah.

"Ya, sebelumnya kita memang sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat, jenis usaha apa aja yang harus kita dukung dan kita kembangkan. Artinya bisa menguntungkan dan tidak membebani masyarakat," jelasnya.

Terakhir, Elan berharap supaya masyarakat tidak terbebani dengan adanya penawaran-penawaran atau isu dari luar yang sifatnya memimnjamkan tetapi pada akhirnya membebani.

"Saya mengharapkan, masyarakat tidak merasa terbebani, dan tidak terpengaruh dengan penawaran-penawaran atau isu-isu dari luar yang bersifat membebaninya. Mudah-mudahan masyarakat bisa lebih mandiri dalam menjalankan usahanya nanti. Sehingga, bisa merasakan manfaat dan segala keuntungan lainnya tanpa harus merasa terbebani," harapnya.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bertujuan Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Pemdesa Cibadak Bangun Bumdes

Terkini

Iklan