Iklan

Iklan

JEK BODREX: SELAIN DARI PERUBAHAN DATA DIHARAPKAN ADANYA PERUBAHAN MANAJEMEN PROGRAM BPNT/SEMBAKO

Jurnal News Site
Monday, March 29, 2021, March 29, 2021 WIB Last Updated 2021-03-29T13:14:37Z


Sukabumi,-Jurnal News Site
Masyarakat berharap dan menanti kabar dari Program BPNT atau program Sembako yang bulan ini sempat tersendat karena pemulihan data penerima bantuan sembako dan bantuan sosial tunai (BST).
Berdasarkan surat dari Direktorat Penanganan Fakir Miskin Wilayah I Kementerian Sosial RI nomor 635/6.2/DI.01/03/2021 tanggal 15 Maret 2021 perihal pemulihan data penerima bantuan sembako dan bantuan sosial tunai (BST) yang mana Kepala Desa atau Lurah untuk menugaskan Puskesos sebagai operator SIKS-NG untuk menyelesaikan perbaikan data.

Menurut salah satu aktivis di sukabumi Jek Bodrex ( 29/03/21) saat di wawancarai mengungkapkan kepada awak media bahwa selain dari pemulihan data, diharapkan kementerian dapat merubah sistem yang sekarang berjalan. Menurutnya masih banyak oknum-oknum yang memanfaatkan program tersebut seperti adanya dugaan pegawai desa atau kelurahan yang bermain menjadi agen e-warong, kartu ATM Combo ataupun kartu ATM PKH ada yang tidak di pegang oleh KPM yang berhak, sembako yang di paket-paket kan alias tidak di curah, harga sembako yang dijual di agen e-warong tidak sesuai dengan harga pasar, banyaknya pihak ketiga yang menjadi supplier ke agen-agen e-warong menggunakan persaingan kurang sehat yang berdampak kerugian kepada agen e-warong, ditambah lagi pengawas PKH dan pengawas program BPNT di lapangan yang kurang pengawasannya. Hal ini menurutnya masih banyak bertolak belakang dengan aturan atau Pedoman Umum BPNT (Sembako) yang perlu untuk dibenahi oleh Kementerian Sosial.
"Demi terciptanya kesejahteraan masyarakat dan berjalannya program BPNT yang sesuai dengan Pedum Sembako diharapkan Kemensos melalui Direktorat Penanganan Fakir Miskin Wilayah I Kementerian Sosial RI untuk segera melakukan kontrol dilapangan terutama di kabupaten sukabumi". Pungkasnya.

Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) adalah bantuan pangan dari pemerintah yang diberikan kepada KPM setiap bulannya melalui mekanisme akun elektronik yang digunakan hanya untuk membeli pangan di e-Warong KUBE PKH / pedagang bahan pangan yang bekerjasama dengan Bank HIMBARA. Bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran serta memberikan nutrisi yang lebih seimbang kepada KPM secara tepat sasaran dan tepat waktu.

Rep. Jamal
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • JEK BODREX: SELAIN DARI PERUBAHAN DATA DIHARAPKAN ADANYA PERUBAHAN MANAJEMEN PROGRAM BPNT/SEMBAKO

Terkini

Topik Populer

Iklan