Iklan

Iklan

S.R Mengalami Gizi Buruk Sejak Kecil,Kondisinya Memprihatinkan

Jurnal News Site
Saturday, May 8, 2021, May 08, 2021 WIB Last Updated 2021-05-08T12:02:24Z


Cianjur, - Jurnal News Site.net
Adalah S.R (16), anak pasutri Agus Endang dan Eti Suryati warga Kecamatan. Ciranjang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Menurut keterangan orangtuanya saat ditemui relawan kesahatan dikediamannya, Jumat (07/05/2021), S.R mengalami gizi buruk sejak kecil. 

Dikatakan Eti Suryati, pada usia 7 bulan silam, S.R mengalami sakit panas tak ada henti-hentinya. Paling sesekali dibawa Puskesmas Ciranjang, namun panasnya nggak turun-turun. 

"Dalam sehari karena tak kuat menahan panas, anak saya sering kejang-kejang. Karena keterbatasan biaya akhirnya dibiarkan saja apa adanya (artinya kedua orangtuanya hanya bisa pasrah menerima keadaan)," kata Eti seraya matanya berkaca-kaca. 

Eti melanjutkan, belasan tahun S.R terbaring lemah, jangankan untuk bermain bersama teman sebayanya, untuk mengurus diri sendiri saja dia nggak bisa. 

"Segala apapun harus diladenin, makan minum juga harus disuapin," ucap Eti. 

Diketahui Agus Endang tidak memiliki pekerjaan tetap, saat ini pun dirinya hanya kuli serabutan sebagai pemecah batu di galian pasir yang tak jauh dari kediamannya. 

"Bukannya tidak mau membawa anak saya berobat, untuk ongkos dan bekel di Rumah Sakit pun saya nggak ada. Ada untuk makan sehari-hari juga sudah alhamdulillah," aku Agus Endang. 

Anak saya pernah di rawat 10 hari di Rumah Sakit, lanjut Agus, itu pun biaya dari salah seorang calon kepala desa bukan biaya sendiri. 

"Waktu di rawat saat itu segala sesuatunya sudah dikondisikan. Sedatangnya ke RS pun langsung di rawat," ujar Agus. 

Disinggung mengenai perhatian dari pihak pemerintah desa, Eti menyampaikan kalau perangkat desa pernah datang mendata dan menyuruh membuat no rek untuk mempermudah penyaluran donasi bantuan. 

"Saya pernah disuruh membuat no rek, katanya untuk memudahkan penyaluran bantuan, tapi sampai saat ini nggak pernah ada. Padahal waktu membuat no rek saya pinjam uang sana-sini," aku Eti. 

Pada kesempatan itu, relawan kesehatan menawarkan kepada orangtua S.R agar anaknya di rawat di RS dengan biaya ditanggung segalanya termasuk ongkos dan biaya sehari-hari. Namun orangtua S.R meminta waktu untuk berunding bersama saudara-saudaranya terlebih dahulu terkait penawaran tersebut.

Asep Ridwan
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • S.R Mengalami Gizi Buruk Sejak Kecil,Kondisinya Memprihatinkan

Terkini

Iklan