Iklan

Iklan

Kordik Bersama K3S Kec. Cilaku Adakan Kegiatan Workshop Yang Dihadiri Oleh 27 Sekolah

Jurnal News Site
Tuesday, February 7, 2023, February 07, 2023 WIB Last Updated 2023-02-08T04:52:21Z


Cianjur,-Jurnal News Site
Koordinator Pendidikan bersama Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Cilaku menyelenggarakan  Whorkshop. Kegiatan ini bertujuan untuk membahas Perencanaan Berbasis Data sekaligus menindak lanjuti hasil bimbingan teknis bersama Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur. Pelaksanaannya bertempat di SDN Sukamulya Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur, Rabu (08/02/2023)

Hadir dalam kegian tersebut diantaranya, Kordik Cilaku, Pengawas, Ketua PC PGRI Cilaku, 27 orang Kepala Sekolah, 27 orang Operator dan 27 orang bendahara Bos.

Dede Bita Sukmana, S.Pd Ketua K3S Cilaku mengatakan," Sengaja diselenggarakannya Workshop  Perencanaan  Berbasis Data (PBD), karena Rencana Anggaran Kegiatan Sekolah (RAKS) atau BOS itu sekarang  harus berdasarkan  kebutuhannya sesuai dengan PBD. Jadi kami tidak bisa lepas dari itu, makanya hari ini kami 4 gugus yang berjumlah 81 orang peserta dari 27 SD sengaja menyelenggarakan kegiatan ini, yang bertujuan untuk penjelasan dari narasumber pengawas pak Suherlan untuk menyampaikan bahwa betul kebutuhan ini sangat kita tidak bisa memberikan data atau RAKS tanpa PBD. Karena disitu sudah lengkap kebutuhannya, termasuk nanti menyangkut kepada rapor pendidikan. Jadi  nanti kita lihat yang mana kebutuhan kita dan mana yang tidak, termasuk relepansinya, sesuai atau tidak dalam RAKS , jadi tidak asal saja pembuatannya, makanya sekarang kami sengaja mengadakan Workshop untuk Kepala Sekolah, agar Kepala Sekolah  memahaminya. Walaupun sebetulnya PBD ini baru, harusnya dilaksanakan mulai dari bulan Januari, namun karena kesibukan disekolah cukup banyak, jadi baru hari ini bisa dilaksanakan. Karena nantipun ketika sudah masuk dana tentunya akan dirumuskan kedalam RAKS dan nantinya akan keluar pengesahan RAKS, yang ditandatangani oleh Kepala Dinas," kata Dede.


Suherlan, S.Pd., MM selaku Pengawas sekaligus sebagai narasumber menerangkan," Hari ini kita melaksanakan kegiatan rencana berbasis data, yang diperuntukan untuk menyusun  rencana kegiatan anggaran sekolah, karena di tahun 2023 itu harus berdasarkan data. Data itu berdasarkan hasil rapat pendidikan yang dihasilkan dari Asesmen Nasional (AN). Tadi yang saya sampaikan dalam workshop yaitu tentang data tersebut, tentang bagaimana menyusun rencana kegiatan anggaran sekolah yang berdasarkan data. Harapannya khusus Kecamatan Cilaku dan umumnya Kabupaten Cianjur, bahwa dengan berdasarkan PBD ini diharapkan  kualitas pembelajaran  semakin meningkat dan semakin baik," terang Suherlan.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kordik Bersama K3S Kec. Cilaku Adakan Kegiatan Workshop Yang Dihadiri Oleh 27 Sekolah

Terkini

Topik Populer

Iklan