Iklan

Iklan

Festival Pencak Silat Budaya Sunda Wani Cup I Tingkat Kabupaten Cianjur

Jurnal News Site
Saturday, August 26, 2023, August 26, 2023 WIB Last Updated 2023-08-26T10:13:46Z


Jurnal News Site,-Cianjur
"Min taman pameunteu kaluar cahaya tong hilap waos disikat. 
Sundawani kudu tetap jaya ngamumule budaya silat. "

“Meser buah nitah ka batur, murag dijalan jadi genjur. 
Maenpo warisan Cianjur, budaya kudu maju demi Cianjur Manjur”. 

Demikian yang di ungkapkan Bupati Cianjur H.Herman Suherman Berupa Pantun Saat Membuka Acara Festival Pencak Silat Budaya Sunda Wani Cup I Tingkat Kabupaten Cianjur di Taman Pancaniti Jalan Siti Jenab No. 31 Cianjur. Sabtu 26 Agustus 2023.


Lanjutnya Bupati Cianjur mengajak tiga organisasi silat di Cianjur yakni PPSI, IPSI dan Sundawani tetap bersatu padu, saling mendukung dalam mensukseskan pengamalan tiga pilar Budaya Cianjur Ngaos, Mamaos dan Maenpo, 

" Kita bersyukur di Cianjur setiap Paguron menjaga persatuan,IPSI, PPSI dan Sundawani adalah partner pemerintah dalam melestarikan seni tradisi, " Kata Bupati 

Acara itu sedikitnya di ikuti 13 Paguron ( perguruan)  Silat yang tergabung dalam Ikatan Pencak Silat (IPSI) Cianjur yang diikuti oleh peserta sebanyak 257 pendekar dengan ragam katagori Usia PAUD, Anak anak, remaja, dewasa dan pini sepuh. 

Sementara itu Ketua IPSI Kabupaten Cianjur H. Yudi Pratidi Menyampaikan bahwa Silat di Kabupaten Cianjur dijadikan kurikulum di mata pelajaran di sekolah – sekolah seperti pada tahun 1980 an, waktu itu pramuka dan pencak silat merupakan mata pelajaran yang wajib.

 “ Saya adalah salah satu pengikut si SD yang di himpun oleh ayah saya yang merupakan kepala sekolah pada saat itu” Kata Yudi.


Hal yang serupa di ungkapkan Wa Dadin Ketua DPD Sunda wani Cianjur mengucapkan terimakasih atas perhatian Bupati Cianjur, memberikan fasilitas Taman Pancaniti Pendopo. Cianjur lengkap dengan tenda, kursi dan lainnya sehingga yang digunakan untuk lomba sejak hari Kamis (24/8) hingga Sabtu (26/8) nanti. 

Ssalah satu Paguron ( Perguruan)  yang mendapatkan medali pada katagori anak adalah PERGURUAN MAENPO CAGAR PUSAKA CIKALONG asuhan Dandi Supriadi SPdI Kepala Mts di Cikalong yang juga Ketua Paguron. (Adm-Kinurel Yakin).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Festival Pencak Silat Budaya Sunda Wani Cup I Tingkat Kabupaten Cianjur

Terkini

Topik Populer

Iklan